Yang Paling aku cintai setelah ALLAH

E. Judul Bacaan

……….Pemberian judul bacaan yaitu penamaan terhadap bacaan. Pemberian judul harus mempertimbangkan isi bacaan. Di samping itu, judul haruslah menarik, mudah diingat, singkat, menggambarkan isi, berupa kata atau frase.

……….Yang harus diperhatikan lagi adalah penulisan judul. Penulisan judul yang betul harus mengacu kepada EYD, yaitu menggunakan huruf kapital sebagai huruf pertama semua kata, termasuk semua unsur kata ulang sempurna, kecuali kata seperti di, ke, dari, dan, yang, untuk, yang tidak terletak pada posisi awal. Judul tidak boleh diakhiri titik.Contoh:
Azas-Azas Hukum
Anak dan Cita-Citanya Dari Desa ke Kota
Pencemaran Lingkungan di Wilayah Jembatan Lima
.
Nah sekarang perhatikan penggalan paragraf di bawah ini!
……….Banyak Pembahasan siswa SMA harus menguasai kemampuan membaca pemahaman. Pembahasan itu antara lain membantu mereka meningkatkan prestasi belajar. Mereka dapat pula mempercepat waktu penyelesaian membaca suatu bacaan. Pembahasan lain, dengan membaca pemahaman, membiasakan siswa untuk berpikir kritis….Judul yang tepat berdasarkan bacaan adalah Manfaat Membaca Pemahaman bagi Siswa SMU, karena judul tersebut sesuai dengan isi bacaannya dan penulisan judulnyapun betul.

.
F. Tanggapan Isi Bacaan

.

……….Setelah membaca sebuah bacaan, kita sering memberi komentar positif atau negatif terhadap isi bacaan tersebut. Pemberian komentar itu disebut dengan tanggapan terhadap isi bacaan. Tetapi, sebuah tanggapan haruslah logis. Tanggapan bersumber dari sudut pandang tertentu (nilai agama, moral, etika, sosial, logika).
Contoh:
……….Membaca pemahaman sangat penting dibandingkan dengan kemampuan berbahasa lainnya. Misalnya, kemampuan mendengar. Mendengarkan sesuatu sangat terbatas jangkauannya seperti waktu, tempat, dan sebagainya. Tetapi, dengan membaca pemahaman dapat dilakukan di mana dan kapan pun, serta dapat dilakukan sewaktu- waktu, serta dengan cepat dapat menangkap isi bacaan.
Tanggapan yang sesuai dan logis dengan isi bacaan tersebut adalah:

Memang diperlukan kemampuan membaca pemahaman untuk memahami dengan cepat isi bacaan, atau
Memang benar membaca pemahaman efektif dilakukan untuk memperoleh informasi dengan cepat.
Latihan dan Pembahasan
Coba sekarang kalian perhatikan kembali contoh lainnya :

……….Dalam kenyataan masih banyak siswa yang belum memiliki kemampuan membaca pemahaman secara memadai. Hasil penelitian seseorang tahun 1992 membuktikan bahwa kemampuan membaca pemahaman siswa STM di Yogyakarta baru 30%. Hal ini pulalah yang dijadikan sebagai bukti kegagalan pengajaran kemampuan membaca pemahaman kepada siswa tersebut atau belum memadai.Kalimat tanggapan yang tepat sesuai isi bacaan tersebut adalah …Rendah sekali kemampuan membaca pemahaman siswa STM tersebut dan perlu dicarikan solusinya.

Tanggapan di atas benar karena sesuai dengan isi bacaan dan logis, yaitu Pembahasan mengacu kepada isi bacaan.

G. Isi Grafik

……….Menentukan isi grafik berarti membahasakan angka atau data yang terdapat dalam grafik. Data tersebut dijelaskan maksudnya sedemikian rupa sehingga mudah dipahami.
Contoh:
……………………………..Pertumbuhan Ekonomi

……….Laju pertumbuhan ekonomi yang mengalami kemajuan lebih besar, menurut data grafik tersebut, terjadi pada tahun 1994-1995, yaitu 20%. Dibandingkan dengan tahun-tahun yang lain, yang hanya 5% sampai dengan 10%, bahkan ada terjadi penurunan pada tahun-tahun tertentu. Dan yang paling tidak sesuai dengan grafik di atas, jika terdapat pernyataan yang mengatakan, bahwa besar penurunan ekonomi 1993-1994 tidak sama dengan besar penurunan pertumbuhan ekonomi 1995-1996, karena penurunan ekonomi 1994 sebesar 10% sedangkan 1996 juga sebesar 10% (tidak sama).

H. Kalimat Pengumuman

……….Pengumuman ialah pemberitahuan atau permakluman tentang sesuatu, yang ditujukan kepada seseorang, kelompok tertentu, atau khalayak (masyarakat). Hal penting yang harus diperhatikan sehubungan dengan pengumuman adalah siapa yang mengumumkan kepada siapa ditujukan, hal (isi) pengumuman, bahasa pengumuman (singkat, lugas, dan mengenai sasaran), serta media yang digunakan (elektronika atau media cetak, atau secara lisan/ langsung).

Contoh:


Catatan:

Dalam pengumuman di atas sengaja digunakan kata/kelompok kata yang tidak rancu karena akan dijadikan bahan pertanyaan dalam soal dan akan dibahas dalam penyelesaian.

Isi pengumuman tersebut adalah pelelangan alat kantor.

==============================

Sekarang terserah kalian pilih yang mana?

1. Unduh Dokumen Aslinya,
2. Ulang ke Materi 1,
3. Lanjut ke Materi 3,
4. Lanjut ke Materi 4,
5. Lanjut ke Materi 5,
6. Lanjut ke Materi 6,
7. Lanjut ke Materi 7,
8. Lanjut ke Materi 8,
9. Lanjut ke Materi 9,

Atau mau kembali ke Beranda depan !!?

===================================================